Alasan Kenapa Bukber nggak penting-penting amat

ftr321

Salam Berani Beda!
Bagaimana puasanya sobat Juki sekalian? Masih penuh atau udah bolong kayak  kantong
celana anak kosan?.

Menjelang pertengahan dan akhir Ramadhan, biasanya undangan bukber kian banyak sob.
Padahal ya menurut gue sebenarnya bukber itu gak penting-penting amat. Ingat ya gue bilangnya
“nggak penting-penting amat”, jadi bukannya nggak boleh. Takut aja nih entar dipelintir jadi
“Karakter komik Indonesia ini melarang orang berbuka puasa”.

 

Nah menurut gue sih sob bukber itu gak penting-penting amat. Makanya kalau ada undangan
bukber lo harus pertimbangkan banyak hal. Karena ikutan bukber bukan kewajiban.

Jangan sampai nih ya sob, bukber diikutin tapi ibadah ditinggalin.  Ya gak semua sih sob, tapi
beberapa bukber malah terlihat mengutamakan bukbernya ketimbang ibadahnya. Bukber iya,
maghrib kagak. Padahal bukber kan gak wajib.

Jalan keluar sih kalau lu emang mau bukber ikut bukber di masjid aja, mayan tajilnya gratis terus
dilanjutin maghrib berjamaah.

Belum lagi nih ya kadang bukber jadi ajang ngomongin temen. Apalagi temennya gak datang ikutan
bukber. Puasa kan bukan sekedar nahan makan dan minum, jaga ucapan juga. Jangan sampai nih ya
kita udah puasa eh sia-sia gara-gara ikutan bukber.  Saran gue sih kalau bukber mending ngomongin
krisis dunia dan potensi perang dunia ketiga. Berbobot dan terlihat pintar.

BUKBER GOSIP

 

Terus ya, khususnya di bukber angkatan nih, motif ikutan bukber jadi berubah. Bukan Cuma ngumpul
tapi ajang pamer pencapaian. Niatnya menjalin silaturahmi malah bikin sakit hati temen-temen yang
pencapaiannya terasa masih kurang.
Bulan Ramadhan yang harusnya ajang perbaikan diri malah menambah kesombongan diri.
Nah kalau lu niat pamer, mending di acara pameran sob. Jangan di acara bukber.

BUKBER PAMER

Oh ya kalau bukber emang diniatin nyambung silaturahmi maka bukbernya harus dimaksimalkan dengan
Bertukar kabar atau berbagi pengalaman. Jangan malah sibuk sama gadget sendiri. Bukbernya cuma biar
eksis, ada foto barengnya. Padahal pas bukber diem-dieman.

bukbermainhpsemua_960x960

Jadi ya sebenarnya sob bukber itu gak penting-penting amat. Jadi kalau lu berhalangan gak ikutan bukber
atau gak ada yang ngundang lu bukber ya gak perlu sedih sedih amat. Karena alih-alih mendapat pahala,
ajang bukber kalau Cuma buat hura-hura bisa jadi ajang menambah dosa.

 

Semoga lo nggak termasuk yang kayak gitu ye sob!

 

 

(YM/WD)