5 KENANGAN TAK TERGANTIKAN GENERASI PURBAKALA

thmb12333

 

Gue suka kasian sama generasi sekarang, dikit-dikit main gadget,
udah kayak gak punya kehidupan di dunia nyata aja.

Gue jadi inget cerita turun temurun dari nenek moyang gue, Ukinikus.
Yang udah baca #BERANIGAGAL pasti udah tau. Berikut ini hal-hal sederhana yang
bikin masa kecil generasi purbakala bahagia.

 

1. Berburu Mammoth

Anak-anak purbakala itu gak manja. Kalau mau makan gak merengek minta ke orang tua. Mereka mandiri,
kalau lapar berburu Mamoth sendiri. Biasanya abis pulang sekolah anak-anak pada buka baju terus ngejar-
ngejar mammoth. Kebahagiaan yang gak mungkin dirasakan ama anak-anak sekarang.

.

Menangkap Mammoth sepulang sekolah adalah kegiatan sehari-hari anak purbakala

Menangkap Mammoth sepulang sekolah adalah kegiatan sehari-hari anak purbakala

2. Menggambar di dinding goa

Kalau anak-anak sekarang apa-apa serba digital. Gambar di tablet, ngedit gambar pakai software.
Di generasi purba semuanya serba manual. Gambarnya di dinding-dinding goa. Gak bisa pakai CTRL+Z.
Serba manual. Gambarnya beraneka ragam hewan kayak bison, kuda, aurochs, dan rusa. Kadang bikin
gambar abstrak gituatau menjiplak tangan manusia, yang disebut galur-salju jari.

2

Ukinikus menggambar komik strip di dinding goa, antimainstream

 

3. Mukulin Nekara

Anak-anak sekarang dengerin musik tinggal play di gadget. Anak purbakala harus usaha keras demi
dapat hiburan yang satu ini. Mukulin nekara adalah kegiatan hiburan yang paling menyenangkan di
masa itu. Buat maeninnya gak mudah karena gak semua orang punya alat ini. Biasanya malam minggu
ada anak nekara yang nampil di goa-goa yang disulap kayak kafe gitu.
Anak nekara itu padanannya sekarang ya anak band lah.

3

Idola anak purbakala bukan anak band, tapi anak nekara

 

4. Membuat alat-alat dari perunggu.

Nah kalau anak sekarang masak nasi aja gak bisa, anak purbakala sejak kecil udah belajar bikin alat dari
perunggu. Ada dua teknik yang dipakai, teknik A Cire Perdue dan Bivalve. Penjelasan panjangnya gugling aja.
Secara garis besar gak jauh bedalah ama teknik bikin mainan dari resin.

4

Kerajinan dari perunggu merupakan teknologi era itu, tampak ukinikus membuat figure dari perunggu

 

5. Bikin Menhir dan Sarkofagus

Anak Purbakala itu kreatif. Buat main petak umpet gak pakai pohon kayu, tapi lebih milih bangun menhir.
Kalau anak cewek biasanya main masak-masakan. Makanya mereka bangun Dolmen.

5

Anak purbakala sengaja membangun dolmen untuk permainan petak umpet

 

Tuh bahagia banget kan jadi generasi purbakala? Gimana sob? Jadi bernostalgia gak?

Share artikel ini dan tag temen lo yang anak Generasi Purbakala sob.