4 Hal Bodoh yang sering dilakukan FansFanatik

 

fans fanatik si juki

Akhir-akhir ini tab mention twitter gue sering kebakar (panas maksud gue) , maklum banyak fans fanatik yang gak nerima kalau gue  nyindir idolanya.

https://dl.dropbox.com/u/65904803/blog/fanatis/gbrfanatisme.jpg

Ngeri ya..

Jadi gini sob, gue tu gak pernah ngelarang lo suka sama siapa, lo ngepens sama siapa. Tapi gue pengen lo semua gak jadi fans yang rusuh, terjebak dalam fanatisme buta yang bodoh.

Ngefans itu adalah hak setiap orang, lo mau suka  Njastin Bleber kek, Kuper Junior kek, JKP69 kek, Beribelek kek, bebas kok sebebas kakek-kakek pikun yang mau pipis di mana aja.

Jadi berikut ini adalah hal-hal yang menurut gue merupakan tindakan bodoh yang sering dilakuin oleh Fans Fanatik.

(note: konteks idola dalam bacotan ini adalah idola2 mainstream di dunia entertainment )

1. Beliin Hadiah Buat Idola

Tindakan ini bukan hal yang bodoh misalnya lo adalah orang yang punya duit sebanyak duitnya Bill Gates. Tapi kalau lo misalnya hanya seorang remaja tanggung yang masih ngarepin duit dari orang tua ya jelas lo bodohnya level dewa.

https://dl.dropbox.com/u/65904803/blog/fanatis/barbel.jpg

iyeeuuhh..

 

 

Gue suka gak habis pikir sama ABG-ABG yang mati-matian ngumpulin duit buat beli hadiah untuk Idola. Gue sih paham kalau tujuannya sih buat narik perhatian. tapi gak gitu juga sih caranya. Lo tau, Idola lo udah kaya, dia mampu beli segalanya.

Nah elo, duit masih minta ke orang tua. Gak kasian sama orang tua yang kerja banting tulang buat elo tapi duitnya buat orang lain?. Okelah misalnya lo udah kerja, cari duit sendiri. Sekali lagi gue bilang idola lo udah kaya, masih banyak orang di luar sana yang hidup susah. Kenapa gak lo sisihkan duit lo buat mereka yang jelas-jelas butuh..?

Satu lagi ni sob ya, asal lo tau aja kalau gak semua hadiah dari pengemar bakal disimpan sama sang idola. Gak jarang hadiah yang udah susah payah lo kasih bakal dikasih ke orang lain atau malah berakhir di tong sampah. Lo gak tau kan? Ya iyalah mata hati lo buta.

Sebenernya lebih keren kalo lo kasih hadiah sebuah karya lo sendiri. Pasti lebih di hargain deh daripada beli barang2 mahal yang mainstream..

 

2. Mudah tersinggung

Menurut pengamatan gue , fans-fans fanatik itu rata-rata mudah tersinggung. Idolanya dijadiin bahan lelucuan sedikit marah, dituduh haters.

Sebagai contoh misalnya gue nyebut JKP69 sebagai girlband, ada aja tuh yang ngatain gue gak berotak nyebut JKP69 yang idol grup itu girlband. Lha emang masalahnya dimana sob? Cuma tentang penyebutan doang kan?. Emang kalau disebut girlband itu idola jadi kena cacar? Gue dosa? Upil gue mengering? Enggak kan?.

                           Klik komik di atas untuk langsung ke TKP! Seru loh komen2nya!

Cuma penyebutan doang kok dipermasalahin. Menghabiskan waktu buat marah-marah karena penyebutan doang jelas tindakan bodoh.

Selain itu idola lo itu bukan tuhan yang maha sempurna, jadi kalo si idola berbuat salah, lalu ada yang kritik ya mbok diterima..  Jangan malah membela membabibuta tanpa ngeliat mana yang salah mana yang bener..

 

3. Mentingin idola ketimbang Tuhan

https://dl.dropbox.com/u/65904803/blog/fanatis/lupatuhan.jpg

ketika pikiran dipenuhi paha

Nah yang ini nih yang paling gue gak demen. Demi idola perintah Tuhan ditingGalkan. Sering banget tuh gue liat tetangga gue yang diteriakain emaknya karena gak solat saking asyiknya nonton idolanya di tipi.

Sering juga tuh gue liat pas konser-konser artis Korengan fans-fansnya ngantri berhari-hari ampe gak solat juga. Atau misalnya konser pas  hari minggu, saking gak mau telat ampe gak ibadah minggu.
Jadi Tuhan lo siapa? Idola lo itu?
Gak kebayang gue Tuhan lo ada 7, 9, bahkan 26..

 

4. Rusuh antar Fanbase

https://dl.dropbox.com/u/65904803/blog/fanatis/brantem.jpg

sekali2 debatin harga bawang yang lagi naik gitu..

Ini sering terjadi di sosial media. Fansnya Sm*ck ngejelekin XO-ID, Fansnya Cerribok negejelekin 7Ibon, atau sebaliknya. Ngapain sih rusuh untuk hal yang gak penting? Mending belajar sana, biar negara kita bisa baik nantinya.

Masa gara-gara idola kita terpecahkan gini??

__________________________________________________________________________

Nah, buat yang ngelakuin hal-hal di atas gue saranin deh buat tobat, mandi kembang 7 rupa. Lebih banyak hal yang bisa lo lakuin. Jadialah anak muda yang kreatif, yang membangun.

Ngefans itu lumrah, lo bakal  keren kalau lo ngefans secara objektif bukan subjektif.
Ngaku aja deh, idola itu ada kan untuk hiburan. Hiburan itu untuk selingan, bukan prioritas.

Prioritas kite sebagai anak Muda tetep agar sukses dunia akhirat dengan cara yang positif!
Bahagiain orang tua, Belajar yang bener, dan berbagi terhadap sesama..
Bagus kalo idola bisa jadi inspirasi lo untuk sukses! Sip!

http://cdn.memegenerator.net/instances/400x/32745397.jpg

Tuhh petrik aja tau!

Segitu dulu ah, kalo ente bukan termasuk fans fanatik diatas ga usah ikut ngomel2 baca bacotan ini yee..
Sebarin aja, siapa tau temen2 lo banyak yang masih belom sadar. Ngoahahahaha

Salam Olahupil!

https://dl.dropbox.com/u/65904803/Juki%20Emoticon/ngakak.png

(YM)

100 Replies to “4 Hal Bodoh yang sering dilakukan FansFanatik”

  1. Indonesia bisa pecah karena 3hal juk.
    Agama, Bola sama Idola.

    nah gw setuju banget ama postingan yang ini.
    fanatik sih boleh, yg penting sehat :v

  2. Semua yang namanya fans emang gitu

    itu sih masih mending perangnya lewat sosial media..

    kalo fansnya bola perangnya selain di sosial media juga secara fisik..

  3. Kadang fans yang terlalu fanatik itu bisa dibilang ‘mbah-nya Alay’, sampai2 rela ngelakuin hal-hal yang gak masuk diakal (akal sehat maksudnya) buat bisa ketemu sama idolanya.

  4. lagipula klo pek tengkar antar fans trus luka2 parah, apa mreka para idola dateng sekedar jenguk ato nanggung biaya perobatan?? mending klo luka2.. klo pek tewas? apa para idola juga bisa nanggung masuk surga? yg ada hanya mati Konyol..

  5. ane idolain salah satu club bola, tapi tetep aja ane gak beli bajunya, souvenirnya, atau beli barang yg di iklanin dia…
    karena menurut ane kalo itu cuma isenk2 aja…

    trus ane juga ngidolain orang2 sukses kaya mark, bill, steve, dll…
    tapi sebenernya bukan ngidolain tapi lebih ane jadiin patokan untuk ane kalahin kesuksesannya…

    #maaf_gakpenting

  6. Ngohohohohohoho And malahngidolai ikan Ngohohohohohohohoho Oh ya, bikin yang Budaya Juk. Banyak orang2 Indo yang terlalu fanatik ama budaya Jepang tapi lupa ama Budaya sendiri. Ditunggu yo ngohohohohohohoho

      1. juk juk… gua punya adek tingkat yg punya koleksi CD asli AKB48 sama Nogizaka46 dan kalo ditung2 lumayan banyak lah… apakah itu masih wajar??

        1. kalo menurut gue sih itu wajar aja ngoleksi CD, percuma beli2 swag, ngabisin waktu ke teater, tapi nggak beli CD nya,,
          kecuali CD nya itu skali beli bisa ampe 10 CD, nah itu baru kgk wwajar

  7. Untung gua gak suka sama penyanyi atau band band
    gua fokus sama ujian dan saya cuma punya 1 idol yaitu:Nabi Muhammad S.A.W

  8. Gw ngidolain satu (atau mungkin lebih) tokoh tapi gk segitunya, mereka gw jadiin sumber motivasi dan sumber kreasi doang, hahaha.

  9. walopun ngefans masih sempat ke gereja.

    idola itu seperti hal lainnya hanya sementara.

    kalo terlalu fanatik malah bikin bom lagi ,ato jadi gila kayak pembununhnya john lenon.

  10. Daaaaaannnnnn Idolanya pun berhasil menggondol uang banyak dari para Fans Fanatik nya 😀
    Alhasil~
    Fansnya jadi gembel deh xDDD

  11. LOLLL masa bawa2 agama, bukannya emang ngelakuin begitu tapi lebih bagus klo gk bawa2 Tuhan cuma buat nyindir fans :))
    Eh emang juki gk punya idola ? *jangan bawa2 nabi / agama* kok seneng banget nyindir fans sih ? :))

  12. Kalo gue mah paling beli cd nya juk

    Kayak jkp69 ya . Gue beli cd nya ama baju dan lightstick
    Gue juga ada batasan waktunya dong . Masa menduakan tuhan , tuhan marah

    Btw temen2 sering ngebacot buat jkp69 . Tapi ane kagak marah

    Dan rugi tau beliin hadiah buat idola kita . Mending duitnya buat beli barang berguna buat kita xD

  13. gue pernah ngomong sperti gini bulan lalu tapi gag sekomplit eu juk 😀 salut dahhh dan idola nomor satu itu adalah nabi muhammad, yang kedua orang tua kita, yang ketiga guru kita, yang ke empat sahabat kita, yang kelima terserah dahh mau paha mau apa kek :v

    #JustMyOpinion 😀

  14. Hahahahaha yang ribet mereka napa si Juki yang repot [?] Sama sihh bodohnya sama yang buat komik gajelas ini :))

  15. gue sih ngaku, gue itu fans fanatiknya beberapa artis Hollywood sama K-Pop. Tapi gue ga sampe ngelakuin hal hal yang lo sebutin di atas. Gue ga sampe ngeluarin duit buat ngasih idola, apalagi sampe ngeduain Allah SWT. Jangan sampe deeeeh-_-

  16. hehehe gw setuju banget sma artikel ini 😛 gw jga dlunya fans fanatik suatu band indonesia, semenjak masuk Farmasi gw jdi fokus belajar trs lupa deh sama idola gw hahaha, iya sih kl d pkir2 ga ada manfaatnya ya gw dlu bela2in ngmplin uang bwt jd membernya -.-

  17. Wahh, jujur ane fans JKT48.. ane juga muslim.. ane ngga sampe segitunya ngefans om juk… hahaha ngeliat wacananya sih emang bener.. ane akui.. memang sebagian fans seperti itu, ane setuju bgt sama wacana ini om juki.. tapi ane justru emosinya pas liat komentar dibawah2 itu loh om juk… strong banget ya ngejeknya.. hahaha masukan deh buat para fans JKT

  18. ngidola ngga salah memang…
    tpi jngn kelebihan, smpe dunia nyata ny ngga dihiraukan…
    ane pnya temen ngidolain AK*4* & JK*4*,
    saking ngidolain, temen sndiri jga lupa…
    di resto, makanan uda datang malah masih asik sma temen seidola liad” MVny…
    itu contoh mengidola yang ngga sehat…
    masih penting liad performance mreka dibanding makan?
    mending skrng flashback ajah kamu yang dlu gaul bareng tmn” dibanding sekarang menggila sma idola…
    ane bilang lebih asik dlu daripda skrng…
    ane jga ada ngidolain penyanyi jepang,
    tpi ngga sampe bolos sklh, ngga smpe lupa makan, ngga smpe lupa temen…
    sebatas idola aja, kadang liad MVny, kadang dngerin musikny, smbil bljr…
    mengidolakan itu secara sehat donk… 🙂

  19. nah gue setubuh gan klo kyak gini…. gue share ya…. :ngakak
    cukup si juki ngomong dah sebagian mewakili…hahaha

  20. Hm… Ambil positif dr postingan om Juki !
    Aku jga fansnya JKT48,klo aku liat suka nyindir klo JKT48 tu girlsband,bkankah mrka tu bener satu2nya Idol Group Indonesia !
    Yah kdang mrka yg nyebut girlsben suka diingatin sma fans,klo mrka tu Idol Group,bkannya girlsben,toh niat fans baik,ngasi tau orang yg gk tau 🙂
    Bkannya dah jelas tu officialnya aj sering bilang klo mrka bkan girlsben tp Idol Group !
    Girlsben(kiblat Korea)-Idol Group(kiblat Jepang).
    Ngefans tp gk smpe lupa ibadah ,lgian liat JKT48 bkan mau liat pahanya :v
    Klo soal2 beli swagnya,tu hak masing2,selama gk maksain,minta duit ortu !
    Lagian JKT48 udah bawa nama Indonesia,setidaknya bsa brbesar hati dg Indonesia 🙂
    Intinya semua yg berlebihan itu tidak baik,lakukan sewajarnya !
    Jngan bandingin idola sama Tuhan dan Rasul !
    Om Juki psti punya idola jga kan ?

  21. nice gan,, stuju bnget gw,, pikiran lu persis sm yg ada di upil gw eh mksudnya di otak gw :p,,
    gw gak ngFans sama artis siapa pun,, gw ngFansnya cuma sm emak gw n sm para nabi,,

  22. mendingan uang loe itu loe tabungin buat emak babe loe, buat bantu” mereka, sapa tau bisa buat naik haji (bagi yg Islam). daripada loe kasih ke mereka yg blm tentu mereka suka, ujung” malah dibuang -_-

  23. ngoahahhha, setuju banget juki…
    Ini dia yg gue tunggu-tunggu..
    Rasanya pengen ngupil bareng elo juk, diantara fans fanatik yg itu tu tuh…
    ^0^

    yukk, oppa upil style. :v

  24. gue mah komennya
    “My life is mine and your life is your”
    semua orang punya HAK buat ngelakuin apa aja,
    apa urusannya si Juki sama HAK seseorang?
    hahaha

    tapi salut, artikelnya keren semoga saja ini bisa merubah kebiasaan dan sikap para fans menjadi lebih baik.
    gue fans JKT48 dan gue salut dengan artikel ini karena gue juga berpikiran sama (sebagian)
    tapi kembali lagi sama HAK, sesuatu yang saya soroti disini tentang fans yang mengoleksi merchandise dari idol yang dibilang gak guna dsb. ya itu HAK mereka untuk mengoleksi barang tersebut sama halnya dengan sesorang mengoleksi perangko, barang antik, apa salahnya mengoleksi sesuatu yang begituan?
    mengoleksi merchandise dari idol atau artis2 itu sama dengan mendukung idol/artis tersebut, dan itu bahkan bisa merubah citra bangsa Indonesia yang marak dengan pembajakan.

  25. hAHAHAHAHA, seperti yang saya bilang ..

    “Kepercayaan yang berlebihan, hal yang paling tidak beguna di dunia ini”

    #Quotes Croco/Mr.1(One Piece Holic) !

  26. Gilaa gilaa!! Ini bener banget juki… di beberapa ‘hal-hal’ menurut lo itu, ada yang nyinggung gue 🙂 makasih yaa jukii lo udah nyadarin gue dikit wkwkwk setidaknya masih ada beberapa fans fanatik di luar sana yg juga banyak disadarkan imannya 🙂

  27. gw cuma seorang cieler nih, ya penggemar laruku.. untung aja ga lo singgung ya bro, karena ga mainstream ya? tapi apa pas nanti mainstream (ga mungkin sih, krn mereka da tua :P) dan semua berstatus cieler lo akan buat BACOT an kek gini lg? ahahaha pasti lah yaa, karena ga semua fans itu sehati bro, saat lo liat celah itu lo akan masuk dan berbacot ria ahaha…

    intinya sih lo cuma cari ketenaran sampingan dari mereka yg netral yang mungkin ga punya idola (no offense :D) dan sebentar lagi lo jd IDOLA jg bro, masuk tipi, fenomenal DAN LO AKAN DISEMBAH!!

    HAHAHAHA dunia ini kejam emang bro, so enjoy aja laah, lo ga bisa mengatur semua 🙂

    Salam damai ya! (diserbu fans J*ki deh ni :P)

  28. sekali lg ahhh mumpung bisa SOK BIJAKSANA ..

    buat lo semua yang baca, ga usa terprovokasi bro .. jalani aja hidup sesuka hati lo, ya ada emang salah kita yg punya idola.. tapi sisi positifnya jg ada kan 😀

    wujud kejahatan sebenarnya itu, “sesuatu” yg manfaatin ginian nih buat nyari materi..

    semoga ga sih ya, kalo iya JAHAT banget kan tuh 😛

    dah yaa, gw mau muntah ni sok BIJAKSANA dr tadi wakakaka BYE!

  29. emang hak sih punya idola terus mau treat idolanya kayak gimana yah urusan yang ngefans :3

    tp kalo terlalu fanatik emang serem juga

    tp kalo diejek wajar kalo marah, kayak artikel ini, ini mah ngejek bukan kritik ah

    tp tetep kalo fanatik berlebihan perasaan gak oke jg 🙁

    tp bikin artikel buat ngurusin yang beginian jg? haha, entahlah.

    terus gw luangin wktu komen disini jg? lol

    yauda si biarkan fans JKT48 dengan dunianya.

    eh, tp biarin jg ni si Juki nyebarin artikel yang micu emosi, hak dia jg.

    ya gitu deh 🙁

  30. yah 🙁 gini jadinya kalo orang berusaha terlalu keras untuk jadi beda/anti mainstream

    fans JKT48 kena bully jg ahirnya xD

    tp yg ngebully sebenernya tuh concern loh sama hal yang dia bahas, hihihi

    liat barang jualan si JUki, mainstream semua xD

    biarin si orang hambur duit buat idolnya, bukan urusan lo jg. oh ia si juki kan care :3

    mudah tersinggung? gampang, gak usah nyinggung dan saling ngerti aja. tua bener hahaha

    “paha” ??? oh ini point of view si Juki

    kalo masalah Tuhan mah, sebage manusia kita punya penilaian yang terbatas, biar urusan individu ama Tuhan aja ya 🙂

  31. jadi fans yg muja idola sampe segitunya gak ngapa yang penting inget yang paling dan paling patut di puja itu Tuhan….

    kalo lo pada suka ama budaya luar gak ngapa tapi lu juga harus lebih cinta ama budaya sendiri,inget sob kita punya budaya sendiri

    jadilah fans yang baik

    *ciee sok bijak

    wassalam….

  32. setuju sih setuju aja , tp mohon jangan bawa bwa tuhan dan agama dong baik itu sebagai alasan atau sebagai ulasan .

    Malah gue rasa si Juki itu cerdik + licik ,
    Pertama tama die emang nyindir nyindir idola orng sipaya dia terkenal ,ngapain coba nyindir idola orng ? Krna dia care ? Kalo care g gini caranya , gah harus nyindir idola orng ,
    coba lihat,setelah dia dikenal bnyk orng,dia buat dah artikel yng beginian,

    Tidak dipungkiri sebagian orng yng baca artikel ini mulai tidk nge fans lg dngan idolanya, atau sebagian orng mulai minder karena dia ngefans dengan idola yng sering disindir orng ,

    Ngefans emg g boleh trlalu fanatik namun harus inget juga jangan terlalu CARE dengan orng yng belum kita kenal , sindir boleh tp jangan smpai berlebihan

    Gue buat komentar sepanjang ini karena gue CARE ama lu JUK !
    Jangan jadi provokator lagi ya juk,
    Menjadi terkenal lah dengan cara yang baik ,

      1. ngahaha nasib lu juk…
        mau ngingetin malah dituduh yang kaga-kaga….

        nghahahaha.. itu jg tu banyak fans yang ga dewasa.. yang baru kena sindir dikit udah panas… abesss dah..!!

      2. sante aja juk,ane di belakang ente
        emang kalo pengen ngelakuin hal baik itu banyak halangannya
        pengen menyentil dan membenahi hal yang kurang patut aja langsung diserang dan dikatain yang nggak2…
        indonesia butuh orang kayak ente,yang masih peduli ma generasi penerus bangsa..
        tapi kalo yang dipeduliin malah balik nyerang ya biarin aja, toh masih ada yang “tersadar” 🙂
        keep the good work juk !

          1. haha negara lo juk, makin terbelakang aje peradabannya dan moralnya, sama kayak upil orang2nya
            makanya ngefans sm diri sendiri, udah ganteng, cerdas, mapan, mau cari apa lagi? harga diri lo juga bisa gue beli juk, buat nulis artikel yg lebih cerdas dikit hahahh

    1. ko lucu sih,gue fans JKT48, tapi pemikiran gue kagak cetek men,
      menurut gue semua yang ditulis ama juki bener adanya.
      bagi gue ini bukan provokasi hanya sekedar pencerahan buat mereka yang FANATIK,ini cuma buat fans” yang fanatik,kalo lo ga fanatik ngapain lu harus bingung???
      stay cool seperti gue broo
      aku sayang JKT 48
      tapi
      aku lebih sayang JUKI ;;) :* LOVE U ALL

  33. point yg ke tiga gue kena banget juk!! astghfirulloh,… kadang2 gue juga gitu, liatin paha2 di TV, sampai lupa udah masuk waktunya ibadah!! maapin guae ya alloh!! 😀

  34. Izin nge-forward di blog saya ya. 🙂
    Bakal saya beri disclaimer / credit kok. Dan btw, saya juga setuju! Apalagi teman-teman saya di Twitter yang suka sama C*b*y Junior itu. -__-

  35. di indonesia semua orang bebas ngelakuin apa aja karna masing” insan memiliki HAM, termasuk postingan juki dan fans fanatik.. semuanya itu gak ada yg salah..
    yang salah itu pemerintah yang dengan beraninya memberlakukan HAM di negara kesatuan Republik Indonesia…
    coba dah ente pikir lagi juk 🙂

  36. fans fanatik tuh **m**h. dari dulu gua kesel! sering bikin war antar fans. ngotorin dumay. ngidol mah nyelo aja kali gausah ngotot. ababil amat -___- guamah cuma diem aja mantengin nonton yang pada ribut.
    gua suka possan lu juk!

  37. Gw setuju bgt sama lo bang Juki, apa lagi point no 1.
    Sory nih bang curhat:

    Kejadian nyata ribut sampe diem2an seminggu sama mpok gw gara2 gw nyindir mpok gw ttg jkt48 *no offens yak*

    Mpok gw minta anteran beli boneka jepang2an buat salah satu anggota tuh grup tapi gw tolak mentah2.
    Gw bilang ajha daripada tuh duit beli boneka mending disimpen buat emergency kayak beli lauk tambahan kalo nanti persediaan makanan kurang . kakak gw malah nyerocos gak jelas bilang “lo bocah baru masuk sma diem ajha deh”. Dan peristiwa diem2an pun dimulai.

    Seminggu kemudian, mpok gw negor n pengen minjem duit sama gw buat ongkos ke kampus. Gw sindir ajha “Emang busway nya gak terima bayar pake boneka yak, mba?”
    tapi tetep sih gw pinjemin walo tiap detik selalu gw tagih utang nya…

    Gak usah peduliin bang, omongan kasar tanpa ber otak kaya begitu. Masih banyak hal asik lain selain nanggepin omongan2 gak bermutu dari fans2 norak kayak begono.
    Gw dukung terus ide2 kreatif lo bang…

  38. Gue dulu ngefans sama akb48 hampir tiap hari gue dengar lagunya. gue gak tau akb48 ini apa, gue jg gak pernah search MV nya (males), gue pure suka sama musiknya. Pas jekate48 nongol gue baru tau kalo wujud akb sama performnya yg main ‘keroyokan’ haha

  39. kak juki aku suka banget ama komik yg kak juki buat tapi masalahnya aku tinggalnya di bali kak jadi aku nga bisa beli keluaran2 terbarunya, kira2 caranya gimana ya kak?

  40. kalau di korea ada fans yang ngebela-belain pasang cctv di rumah si idol. ada juga yang nunjukin surat cinta pake darah. kalo mati sih si idol ga peduli juga kali ya :v

  41. hoyy, gue akui gue fans fanatik SM*SH. Dan gue pernah lakuin ntuu smua., tp inget ye! gua kgk suka gaya lu yg sok kek begitu!! sama aja bully tw gak lu!

Leave a Reply to Maulana.I.G.J Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *